-->

ORANG TIMUR SOPAN ... SIAPA BILANG !!!

Waktu SD aku sering di cekokin sama guru2, dengan yel2 bahwa kita bangsa timur adalah bangsa yang legowo istilah jawanya, penuh sopan santunlah, gotong royonglah, murah senyumlah, dll, dll ,dll...

Setelah mulai dewasa, aku mulai kritis melihat semua itu, bertahun2 hidup diluar negri aku jalani, semakin lama aku semakin heran melihat kenyataan2 yang aku lihat.

Banyak sekali doktrin2 yang di tanamkan waktu aku kecil tentang bangsa ku, ternyata gak 100% bener, malah bisa dibilang 90% bohong.

Ini aja salah satunya, kita semua tahu, kalo orang barat sana, dalam keseharian mereka, mereka sudah membudayakan saling tegur sapa, baik pagi, sore ataupun ketika mau tidur... seperti Good Morning, atau waktu mau tidur Good Night.

Anak kecil aja, kesenggol sama aku, mereka semua udah biasa untuk mengucapkan kata : I'm sorry sir.
Kalo di Indonesia, boro2 minta maaf, kebanyakan malah sewot...hahaha

Dan masih banyak lagi contoh2 etika dan attitude bangsa luar yang sampai detik ini aku salut.

Bukan nya aku gak bangga dengan bangsaku, tapi memang begitu kenyataanya, dalam benakku sering aku berpikir, kapankah bangsaku bisa mempunya attitude sebagus itu????

Tapi banyak juga kelebihan2 bangsa Indonesia, tapi banyak jeleknya deh..;)) ...

Aku rasa mungkin ini karena kita terlambat di dunia internasional gara2 kena jajah 358,5 tahun ... yahh..memang berat ya kalo udah mengejar sebuah ketinggalan yang jauh.

Tapi itu semua bukannya malah bikin aku down, tapi malah jadi cambuk dan spirit buat ku untuk bisa mengejar ketinggalan dari bangsa2 lain.

Semoga Opini sederhana ini bisa bermanfaat buat kita semua .. salam Bandit !!!

0 comments:

Post a Comment