-->

KATANYA INDIE LABEL, KOK MINTA DUIT KE BANDNYA ???

Banyak sekali sekarang di Negara kita lahir dan berkembang yang katanya INDIE LABEL, dengan modal cuap2 sana sini menegakkan kata INDIE ( Mandiri ) mengkambing hitamkan LABEL2 MAJOR yang udah jelas2 BRENGSEK, tapi apa kenyataan sampai detik ini ??? … 99% semua INDIE LABEL2 itu semakin lama semakin keliatan apa Visi dan Misi mereka sebenarnya, ternyataa…gak jauh beda sama LABEL2 MAJOR BRENGSEK, yaitu : UANG !!!

Perlu aku jelaskan dulu, bahwa spirit of INDIE itu lahir pada masa 70’an, yang di geber oleh sang Legendaris kita yaitu : JOHN LENNON, dengan mengusung kata INDIE yang pengertiannya adalah MANDIRI, membantu Band2 yang saat itu di anak tirikan oleh para Major2 Label di Inggris, saat itu Lennon tersentuh hatinya, dan mulai mengajak semua fans2nya ( yg pasti jutaan ) untuk mendukung kemajuan Band2 Indie yang jelas2 tidak punya kemampuan lebih di ekonominya. Mereka turun ke jalan dan mulai mengadakan demo2 besar. Dan mulai saat itu, bermunculanlah Indie Label2 di INggris sampai hari ini. Yahh itulah sedikit goresan sejarah tentang INDIE LABEL.

Dan untuk zaman Modern nya, pasti semua tau group asal Inggris juga, yaitu : RADIOHEAD. Ketika saat itu kaset dan CD udah mulai gak laku dan drop down, RADIOHEAD lah yang membuat revolusi pertama download gratis di internet, dan berpindah ke jalur INDIE. Kerenn…

Nah, di Indonesia revolusi ini baru dimulai ( maklum keterlambatan kereta friends..hehe ), banyak oknum2 yang Kapitalis dan Orang2 Pintar ( tanda kurung ) di Entertaint yang mencari Keuntungan Oriental ( uang ) dengan memakai topeng yang di namakan INDIE, dengan bertopeng event2, Radio2, dan dari apa saja yang bisa mereka gunakan, mereka selama ini melihat peluang Uang Masuk dengan mangsanya adalah Band2 Indie yang ambisinya lagi tinggi sampai ke langit ke 7 agar Band2 nya bisa exist, walaupun cuma bisa rekaman, ikut2 event dan masuk di radio2.

Yang aku tahu, kalo memang INDIE, ya seharusnya tidak membebani biaya ke Band2nya, seperti yang di lakukan Indie2 Label di luar negri yang sampai hari ini udah besar, sesuai dengan Filossofi kata INDIE itu sendiri.

Band itu Produk, Label itu Media, tolong benar2 DIFAHAMI hal ini, jadi disini sebenarnya adalah system kerjasama, kalo pun ada hasil nominal, seperti biasa systemnya adalah BAGI HASIL, itu baru bener !!!

BIAYA ??? .. itu resiko para INDIE LABEL, kalo gak bisa cari uang ntah itu dari sponsor atau apa kek, namanya juga Indie , kalo biaya dari band lagi, apa gunanya Label Indie, anak kecil juga bisa kalo gitu, itu sih namanya bukan menaikkan INDIE ( Mandiri ) nya, mending jualan celana aja di pasar, jelas lagi duit masuknya ( haha ), INDIE itu harus harus kreatif donk, kalo gak bisa kreatif, lebih baik tutup aja deh Label Indie nya, jangan so-so bikin Indie Label segala.

Yang terjadi sekarang dimana2 benar2 parah, Oknum2 Pebisnis yang bertopeng INDIE LABEL berserakan di mana2 di seluruh Nusantara … jadi friends, kalo ada tawaran atau ajakan, dari yang ngaku2 INDIE LABEL ntah itu event, bikin video klip, tayangan radio, media cetak bahkan klip ke TV sekalipun, kalo mereka minta bayaran, saya sarankan : LEBIH BAIK DITOLAK !!!

Memang, cara2 dan gaya bahasa mereka sangat meyakinkan, yang pasti mereka2 itu adalah Marketing2 handal semua, kalo sama BB , kagak mempan, soalnya BB kan penjahat..wkwkwkwkwk

Tapi , yaa, semua kembali kepada teman2, kalo mau silahkan, gak mau juga bagus, aku cuma mencoba kasih warning dan sharing tentang apa itu INDIE yang aku tahu , agar teman2 faham bagaimana dan apa yang sedang teman2 jalankan saat ini, sehingga bisa mengambil keputusan dan menentukan langkah terbaik untuk menjalankan karier band teman2 sebelum masuk dan memilih jalur yang dinamakan INDIE, khususnya teman2 band tanah air.

Oke deh, aku rasa penjelasan ringkas ini sudah cukup jelas, sekian dulu teman-teman.. salam Bandit !!!

0 comments:

Post a Comment